Sunday, March 27, 2011

sakit berjamaah

Awalnya mommy yang sakit duluan,tenggorokan berasa ada yg kelitikin dan bnr aja akhirnya batuk yg dtutup dengan pilek+demam :'( karena tiap mommy skt, Ben gak pnh ketularan (blm pnh sama skali), jd mommy cuek aja ttep nyusuin Ben tnpa pake masker,tnyata mommy salah besar!! Kondisi Ben mgkn saat itu juga lg down ya,akhirnya diapun sukses batpil di pagi harinya (˘_˘") stlh tggu 1hari 1malam,mommy putuskan harus dbawa ke dokter.. *pliss jgn ada yg komen soal RUM ataupun home treatment ya,belom pnh ngrasain punya anak yg "bgantung" sama obat kn gara2 lahir prematur? Yaa bsyukur d sana,jd gak plu bolak balik RS kluar duit, tp plis jgn nyinyir kl blm pnh dposisi kaya mommy skrg » esmosih!! *. Skrg ud hari ke-4 kami bdua (Ben + mommy) tepar,si papa pun masih nun jauh di Abu Dhabi sana (lg ada training dr kantor), jd mommy gak bisa manja2n,hrs "dpaksa" kuat walopn lg remuk badan nya krn si Ben super cranky.. Syuu syuuu pergilah kau penyakit, enyahlah kau!! Emg paling gak enak kl lg sakit :"( jaga kesehatan n kondisi slagi bisa ya temans :)

Ps : maapn mommy ya Ben, jd ikut2n sakit, *guilty 2 d max*

Wednesday, March 23, 2011

resep : serombotan

Mommy udah lama bgt ya gak posting resep di blog. Mau sharing ah soal serombotan, makanan khas Bali ini mirip2 urap dpadukan dengan gado2. Selamat menikmati :)

SAYURAN :
2 ikat kacang panjang, rebus
1 ikat kangkung, rebus
1 ikat bayam, rebus
100 gr tauge, rebus
1 buah pare, potong-potong, rebus
3 sdm kacang kedelai, rendam, rebus
4 buah terung bulat, potong-potong (gak usah direbus)

BAHAN BUMBU :

2 buah cabai merah
3 siung bawang merah
2 cm kencur
3 butir kemiri
1/2 sdt terasi
50 gr kacang tanah sangrai
Garam, gula pasir secukupnya
2 buah jeruk limo
1/2 gelas air

( Haluskan cabai, bawang, kencur, kemiri, terasi, kacang, garam, gula,. Beri air jeruk dan 1/2 gelas air = bumbu kacang )

SAMBAL KELAPA :

1 buah cabai merah, goreng
1 siung bawang putih, goreng
1/2 sdt terasi bakar
1 cm Kencur
100 gr kelapa parut (lebih enak lagi kalau kelapanya dibakar trus diparut)

(Haluskan cabai, bawang, terasi & kencur, lalu campurkan dengan kelapa bakar yang sudah diparut ATAU campurkan bumbu halus dengan kelapa parut lalu sangrai » tumis tanpa minyak dengan api kecil hingga harum = bumbu kelapa)

CARA MEMBUAT :

1. Susun semua sayuran rebus dalam jumlah yang sama banyaknya.
2.Taburi sambal kelapa. Siram bumbu kacang. Taburi kacang kedelai dan kacang rebus.
Sajikan

Kisah si IUD #bukaniklan

Imbas dari si Ben yg tiba-tiba "self weaning", mommy jadi mulai btanya2, jangan2 mommy hamil jadinya rasa si ASI berubah. Kecurigaan mommy pun bertambah saat kontrol ke obgyn untuk vaksin HPV (mencegah kanker serviks). DSOG mommy menolak untuk memberi vaksin stlh tahu bahwa mommy sudah telat "2minggu" dari siklus mommy yang biasanya teratur itu. Dia malah berpesan untuk kembali 2minggu lagi.

*Deg!* jantung mommy lgsg berdegup kencang *tsaah!!*, mommy kan udah pasang IUD, harus nya (catet : harusnya!) aman. Tapi mommy coba ingat2 lagi, 2 sepupu mommy "kebobolan" *nah lho* tapi mommy lg2 berkelit, ah itu karena gak rajin kontrol @3bulan, sedangkan mommy terakhir kontrol 4mggu yang lalu berbarengan dengan papsmear. Harusnya sih tidak.

Tapi oh tapi, berselang 3hari dari itu, mommy sering banget ngalamin kram perut bagian bawah dan sakit pada bagian *maaf* pantat. Persis sama spt yang mommy alami saat hamil Ben. Cepat2 mommy tes kehamilan, sudah habis 3 testpack *dihari yg berbeda tentunya* smua nya menunjukan hasil negatif. Tapi tetap aja mommy gak tenang,karena dulu saat hamil Ben hingga usia 8mggu hasil nya pun sll negatif.

Akhirnya, mommy kemarin memutuskan mencari 2nd opinion. Stlh di USG memang tak ada tanda2 kehamilan, ternyata penyebab kram perut,sakit pd *maaf* pantat dan telat datang bulan itu dikarenakan IUD yang turun jauuh ke bawah! Shg IUD harus segera dicabut (posisi IUD bukan lagi tegak lurus melainkan miring). Jadi bisa bayangkan dnk, kenapa org yang pake IUD msh bisa "kebobolan", yang rajin kontrol 3bln 1x aja bisa begitu!

Moral of the story : maaf, mommy kapok pake IUD lagi!!

(almost) Self Weaning

Waah Ben ud mau disapih (berhenti Nen) ya? Udah mau dikasih ade ya? Semua orang pasti menanyakan hal itu saat mommy nge-tweet "ciri2 anak (self) weaning itu apa ya?" ke akun @aimi_asi. Gak, mommy belom mau menyapih Ben dan (saat ini) belom mau kasih Ben ade dulu, kenapa mommy nanya ke twitterland soal sapih-menyapih? karena saat itu Ben (secara tiba-tiba) menolak untuk disusuin. Kronologisnya :

14 maret 2011 pukul 23.00 wib : Ben tiba2 terserang "night terror" (lagi!) dan (tumben2an) saat tangis nya udah reda, dia gak mau dikasih nen lagi.. Oh mgkn udah kenyang,mommy pikir krn memang sebelum terbangun, dia nonstop nen. Akhirnya pukul 4 dinihari keesokan harinya, Ben tertidur (sendiri tanpa dibantu nen)

15 maret 2011 : Ben bangun tidur dan langsung minta mam,biasa nya ada sesi "nen-bangun-tidur" sebelum dia sadar sepenuhnya,"wah tumben" mommy pikir. Dan ternyata itu awal segalanya.. Setelah sarapan dan sampai malam harinya, Ben benar2 menolak untuk disusuin. Setiap ditawarkan nen dia cuman senyum2 lalu melengos,kadang sukses masuk mulut tp hanya dijilat (tidak disedot). Bahkan saat mommy beri melalui gelas (saking sakitnya mommy pompa), dia bisa2 berkata "nda mau!" setelah menyesap sedikit asip itu.

Nangis mewek lah mommy,kenapa mendadak begini, Ben baru juga 21.5bln, belom 2thn. Mommy punya target akan menyusui Ben sampai dia self weaning, tapi tidak secepat ini,paling gak sampai dia usia 2th. Terdengar egois ya? Walaupun menurut mba Eka (@ekadeau) *cieeeh "mba" * , anggep aja spt motorik anak jd beda2 waktunya, dan mnrt @dibamommy (pengurus AIMI), kalo harus diikhlaskan, mommy belom siap. kenapa mommy (begitu) ngotot ingin Ben sapih setelah 2tahun? Karena DSA ny pernah bilang, bahwa usus dan pencernaan Ben sensitif (resiko lahir prematur), dengan ASI saja dia kurang mampu menyerap apalagi dengan susu lain.

Jadilah mommy mencoba2 segala cara untuk mengembalikan "nafsu" nen nya Ben, sesuai saran AIMI,
1. harus sering2 skin2skin , nyambi skin2skin mommy coba tawarkan nen berkali2. Kebalikan dari prinsip orang yang mau menyapih » jangan menolak tapi jangan ditawarkan :p
2. Cari trigger nya,mgkn kah mau tumbuh gigi? Nope! Gigi masih betah 4 aja. Mgkn kah nursing strike? Gak juga krn via media lain (botol dot,gelas dgn/tanpa sedotan) juga menolak. Mgkn ibunya hamil jd rasa asi berubah? Testpack negatif dan udah meluncur ke obgyn juga tnyata negatif. Mgkn ada sariawan dmulutnya? Gak ada juga,makannya malah super pintar stlh berenti nen (tnyata bner ya,kl anak dsapih makannya hebat)

Puji Tuhan usaha mommy membuahkan hasil,pelan-pelan Ben mau nen lagi. Caranya? Tiap dia mau tidur, lgsg mommy gendong pake jarik, ditimang2 trus saat dia mulai merem2, jejelin (masukin) nen ke mulutnya, nanti alam bawah sadar dia akan menghisap dengan sendirinya. Walaupun,begitu dia melek (sadar), lgsg dlepeh lagi. Sampai akhirnya, hari ini, 23maret2010, mommy bisa bilang "monster susuku" sudah kembali!! Yup! Ben akhirnya kembali nen.. Senangnyaaa!! Gak bisa diuraikan dengan kata2 btapa bahagianya mommy saat Ben mau nen lagi..bubye "self weaning", nanti aja ya kamu dtg lg, saat Ben udah lebih dr 2th

Ps : cuman skrg jd PR karena Ben terbiasa tidur (HARUS!) ditimang2 pake jarik,pegel nak :'(

Tuesday, March 22, 2011

hellooowwwww (again!)

Helloww hellowwww

Mommy's back!!! *smbil ngelap2 debu,ngilangin sarang laba2,huaaachhhiiii!!!* #lebay

Lama bgt ya mommy gak nulis2 dsni,tlalu byk peristiwa yg lbh mnyita wktu mommy,.Ben smpet diopname (cerita lengkapnya mnyusul ya),trs ribet sama persiapan&hari raya Nyepi,lanjut lagi sama nini yang syukuran rumah baru (mlaspas kl kami nyebutnya),.heboh bgt..

Bbrp minggu terakhir mommy habiskan dgn blogwalking sambil menanti inspirasi nulis,xixi..di bawah ini bbrp blog yang kerap mommy intip2 (silakan dcek lho sis,isinya bagus2 djamin latah bolak balik ngintip kaya mommy #ols)
Blog nya Fanny (idola mommy,sukaaa bgt ama buku2 karangannya,bahkan nanti kalo ibu satu ini pulang ke Jakarta,mommy mau mnta ttd beserta cap bibir dan cap2 lainnya :p), Meta, Iti, Anggi, Woro, Dinda, bu guru Tya, Ira (seleb blog), Bheboth, Indah, Mamir, Bubun maupun dagangan nya Bubun ini yg sukses bkin ngilerrr, plovea (mama Raja), dan masih byk blog2 lain yg (wajib) mommy intip2..gak kok,mommy ngintip bukan nyari contekan ide,cuman suka aja bacanya,krn cara penulisan nya beda2 dan cerita dibaliknya seru2..yaah doakan saja inspirasi mommy cepat kembali spy bisa aktif nulis lagi (sambil bubye2 ke Agni,mba Novi,Icha dan Mamanya Daffi;yg selalu nanyain update-an blog mommy)

Ps : berhubung ol ny pake BB, link blog2 kece nya mnyusul ya,..